Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah agar penerapan IT Services pada Sistem Pembayaran Online ini dapat bermanfaat bagi pelanggan sehingga memberikan kemudahan dan efisiensi dalam melakukan transaksi. Secara spesifik penelitian ingin dilakukan lebih jauh untuk menguji apakah ada dampak signifikan antara aspek atau faktor pada cloud computing seperti Quality of Service, Service Level Agreement, Security dan Disaster Recovery terhadap keseluruhan layanan yang diberikan dan apakah layanan yang diberikan oleh PT. Indosmart sudah cukup baik. Data sampel yang akan diambil sebanyak 100 titik pembayaran yang berada di wilayah Jakarta dari sebanyak total sekitar 1500 titik pembayaran yang tersebar di Jakarta. Analisis data akan menggunakan metode analisis deskriptif statistik, multiple linear regression dan metode analisis statistik ANOVA dengan tujuan untuk menguji korelasi dari beberapa independent variabel dengan dependent variabel. Hasilnya adalah dapat disimpulkan adanya dampak signifikan dari faktor-faktor seperti QoS, SLA (service level agreement), data security (keamanan data) dan disaster recovery terhadap kulitas layanan cloud computing dan khususnya aplikasi sistem pembayaran online berbasiskan cloud computing dengan konsep Software as a Sevice.

Keywords

Sistem Pembayaran Online Quality of Service Service Level Agreement Security Disaster Recovery Software as Service

Article Details